Bahaya Penyakit Wasir yang Mengintai, Waspadalah!

Bahaya penyakit wasir –  Beberapa orang mungkin menganggap kalau wasir adalah penyakit yang biasa. Akan tetapi sebenarnya ketika wasir sudah pada tahap yang serius dan diremehkan, bahaya penyakit wasir haruslah diterima. Karena itu wasir bisa menjalar ke tahap yang serius dan berbahaya pada penderitanya.

Mencegah terjadinya wasir adalah hal yang sangat tepat dilakukan agar bahaya dan resiko terserang penyakit wasir bisa terhindar. Mengonsumsi makanan yang sehat, olahraga teratur, mengonsumsi makanan kaya serat dan beberapa cara lain dapat menjadi tindakan pencegahan wasir yang tepat dilakukan. Anda yang ingin tahu bahaya penyakit wasir, Anda bisa langsung cek informasinya berikut ini!

Bahaya Penyakit Wasir yang Mengintai

Jika tidak tertangani dengan baik, wasir akan menimbulkan bahaya pada penderitanya. Berikut ini beberapa bahaya penyakit wasir yang mengintai diantaranya :

Sembelit berkesinambungan

Bahaya penyakit wasir pada umumnya dalah sembelit berkesinambungan. Baik wasir ringan atau wasir berat pasti akan mengalami masalah yang satu ini. Wasir adalah suatu kondisi yang juga bisa terjadi karena gaya hidup seseorang seperti mengonsumsi makanan siap saji dan sebagainya. Kondisi ini membuat sembelit akan dialami sebagai kondisi lanjutan dari wasir. Jika terus menerus hal ini terjadi bahkan pembengkakan akibat wasir tak bisa dikontrol maka tentu saja sembeli berhari – hari dan berkesinambungan akan bisa Anda alami sehingga perut juga terasa tidak nyaman.

Memicu sel kanker anus

Bahaya penyakit wasir yang lain dapat dialami yaitu memicu sel kanker anus. Pendarahan dan radang yang terjadi pada seseorang yang mengalami ambeien dalam jangka panjang segera mendapat penanganan secara medis. Nantinya infeksi akan ditunggangi oleh berbagai virus yang bisa memicu pertumbuhan sel abnormal yang akhirnya menjadi sel kanker anus pada penderitanya.

Serangan virus pada penderita

Buang air besar secara terus menerus dengan mengejan yang dilakukan secara paksa pada penderita wasir seringkali terjadi. Dampaknya pendarahan akan dialami dan anus akan mengalami luka. Kondisi ini sebenarnya dapat menjadi pemicu munculnya infeksi dimana luka yang telah terbentuk pada wasir dapat dimasuki oleh virus yang berasal dari feses yang tak bisa keluar dengan lancar. Serangan virus dari kamar mandi yang tak steril juga dapat membuat kondisi wasir kian parah.

Kesulitan tidur pada penderita

Penyakit wasir yang telah mengalami pendarahan dan rasa nyeri akan terasa jauh lebih sakit ketika seseorang ingin tidur malam. Kondisi ini kemudian memicu penderita mengalami kesulitan tidur. Kalau dibiarkan berlarut – larut tentu saja insomnia berkepanjangan tidak mustahil akan dialami para penderita wasir. Gangguan tidur yang lebih parah bahkan tidak mustahil dialami.

Kematian pada penderita wasir stadium 4

Wasir memang dapat terjadi dengan tingkatan stadium. Untuk wasir yang sudah parah, penyakit ini tidak bisa ditangani oleh medis bahkan operasipun tak akan bisa dilakukan. Akibatnya pasien wasir stadium 4 akan mengalami kehilangan sel darah merah dan mengalami kondisi penurunan daya tahan tubuh dan kematian. Kematian bahkan tak hanya dirasakan penderita wasir lansia saja melainkan penderita wasir dengan usia produktif bahkan anak – anak yang sudah stadium 4 bisa mengalami kematian karena wasir.

Itulah beberapa bahaya penyakit wasir yang mengintai. Jika Anda mengalami masalah wasir, jangan didiamkan saja melainkan segera atasi dan jauhi penyebabnya. Dengan demikian wasir akan tertangani dengan baik.

Bahaya Wasir Pada Ibu Hamil

Bahaya wasir pada ibu hamil –  Wasir, pembengkakan di area anus memang dapat mengintai siapa saja termasuk ibu hamil. Wasir yang mengintai ibu hamil tentunya sangat berbahaya. Ada banyak bahaya wasir pada ibu hamil yang akan dialami seorang ibu hamil yang menderita wasir.

Ibu hamil yang beriwayat terserang wasir biasanya wasir tersebut akan datang dan terasa lebih sakit di trimester ketiga kehamilan karena di waktu tersebut posisi janin sudah bergeser. Tak hanya menimbulkan sembelit tetapi beberapa ibu hamil juga bisa mengalami wasir. Lalu apa saja bahaya wasir pada ibu hamil?

Bahaya Wasir Pada Ibu Hamil

Membuat ibu hamil beresiko ketika ingin melahirkan secara normal

Bahaya wasir pada ibu hamil yang pertama adalah ibu hamil beresiko ketika ingin melahirkan secara normal. Hal ini terjadi karena ibu hamil akan melahirkan dan ketika itu juga wasir akan menghalangi area jalan lahir sehingga melahirkan akan sulit. Jika hal ini terjadi, tentu jalan pintas yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan operasi caesar.

Mengganggu janin dalam kandungan

Janin didalam kandungan terganggu karena rasa ketidaknyamanan ibu hamil ketika mengalami wasir. Hal ini tentu saja akan membuat ibu hamil merasa sangat sakit dan terkadang merasa lemas. Reaksi ibu hamil ini yang nantinya juga akan memberikan pengaruh pada kondisi janin didalam rahim.

Mengakibatkan pendarahan

Maksudnya disini adalah ketika persalinan terjadi kemungkinan besar ibu hamil yang mengalami wasir akan mengalami pendarahan. Hal ini terjadi karena ketika proses mengejan di saat melahirkan maka pendarahan akan timbul. Yang harus dilakukan adalah operasi caesar ketika melahirkan. Atau jika ibu hamil tersebut berhasil melakukan kelahiran secara normal, disarankan ibu hamil yang bersangkutan mengalami pemotongan wasir setelah melahirkan. Dan kondisi ini adalah kondisi yang sangat menyakitkan dialami orang yang habis melahirkan.

Keselamatan setelah persalinan dikhawatirkan

Hal ini memang perlu dikhawatirkan oleh ibu hamil yang mengidap wasir ketika menjelang proses persalinan. Keselamatan dalam persalinan harus diperhatikan mulai dari kondisi ibu dan tim medis yang membantu persalinan. Terkadang bisa saja terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Tetapi jika tidak ingin mengambil resiko, ibu hamil yang mengalami ambeien, pastikan melakukan persalinan dengan operasi caesar.

Menghambat buang air besar ibu hamil

Jaringan yang terdapat didalam anus dapat mengontrol buang air besar. Namun jika ibu hamil sudah terjangkit wasir, maka buang air besar akan jadi terhambat. Utamanya ketika usia kandungan sudah berada di rentang trimester ketiga kehamilan, pasti akan sangat terasa.

Untuk ibu hamil yang mengalami masalah wasir, Anda perlu mencari tindakan mengatasinya agar bahaya wasir pada ibu hamil bisa diminimalisir. Beberapa cara mengatasi wasir pada ibu hamil yang bisa dilakukan diantaranya :

  • Berendam dengan air hangat. Berdasarkan penelitian, air hangat dipercaya dapat membantu menghilangkan nyeri. Dengan berendam air hangat otot yang kaku dalam tubuh juga akan bisa teratasi.
  • Konsumsi sayur dan buah – buahan segar. Dengan mengonsumsi sayur dan buah – buahan segar yang kaya kandungan serat dan vitamin secara rutin Anda akan bisa terhindari dari bahaya wasir pada ibu hamil.
  • Dan yang terakhir, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih dalam kadar yang cukup.

Bunda, jangan sampai wasir membahayakan keselamatan janin didalam rahim Anda. Itulah informasi bahaya wasir pada ibu hamil yang Anda perlu tahu dan cegah wasir mengganggu kehamilan Anda.